Friday, May 18, 2018

New Contoh soal psikotes dan penyelesaian


Soal Psikotes dan Penyelesaiannya : Kemampuan Kuantitatif (3)
1. Dias suka mengoleksi mobil-mobilan. Rata-rata harga mobil-mobilan yang ia miliki adalah Rp. 50.000,- per buah. Uang saku Dias sehari adalah Rp. 5.000,- . Dias sudah mengoleksi 10 mobil-mobilan dalam 2 bulan. Pernyataan di bawah ini yang dapat menjelaskan hal di atas adalah :
a. Seluruh uang Dias digunakan untuk membeli mobil-mobilan.
b. Mobil-mobilan koleksi Dias sebagian merupakan pemberian orang lain.
c. Dias membeli mobil-mobilan bekas yang harganya murah.
d. Uang saku Dias digunakan sebagian untuk membeli mobil-mobilan.

Penyelesaian :
Uang Dias sehari adalah : Rp. 5.000, maka dalam dua bulan adalah Rp 150.000,-
Harga mobil-mobilan per buah adalah Rp 50.000,- dan uang untuk membeli 10 mobil-mobilan adalah Rp 500.000,-
Tidak mungkin Dias membeli mobil-mobilan tersebut dengan uangnya sendiri. Mobil-mobilan koleksi Dias sebagian merupakan pemberian orang lain.
(Jawaban : B)

2. 9 adalah 150 persen dari ?
a. 3
b. 6
c. 12
d. 15

Penyelesaian :
Misal : x adalah yang ditanya.
150% . x = 9
x = 900/150
x = 6
(Jawaban : A)

3. Bambang menjual sebuah barang dengan harga Rp. 80.000,- dan memperoleh laba 25% dari harga beli. Berapakah harga beli barang tersebut?
a. Rp. 100.000,-
b. Rp. 64.000,-
c. Rp. 120.000,-
d. Rp. 20.000,-

Penyelesaian :
Misal Harga Jual = J ; Harga Beli = B ; Laba = L
L = J - B
25% . B = 80000 -  B
0,25B + B = 80000
1,25B = 80000
B = Rp 64.000,-
(Jawaban : B)

4. Dalam suatu pertemuan, panitia mengundang 50 wanita dan 70 pria. Ternyata dari undangan tersebut yang hadir hanya 40 % wanita dan 50 % pria dari jumlah keseluruhan undangan. Berapa persen tamu yang hadir ?
a. 78%
b. 68%
c. 48%
d. 46%

Penyelesaian:
Jumlah seluruh undangan  : 50 wanita + 70 pria = 120 orang.
Yang hadir :
wanita = 40% . 50 = 0,4 . 50 = 20
pria = 50% . 70 = 0,5 . 70 = 35
 total yang datang = 20 + 35 = 55
pertanyaannya adalah : yang datang berapa persen dari yang diundang ?
jawabannya adalah
x% . 120 = 55
x = 5500/120
x = 45,83 dibulatkan menjadi 46.
(Jawaban : D)

5. Empat (4) orang menggali selokan dan selesai dalam waktu 7 hari. Berapa orang yang diperlukan untuk menggali selokan dalam waktu 1/2 hari?
a. 28 orang
b. 56 orang
c. 14 orang
d. 58 orang

Penyelesaian :
Dalam kasus seperti ini, berlaku hukum perbandingan berbalik nilai. Pada soal di atas, untuk mendapatkan waktu yang lebih cepat, maka diperlukan orang yang banyak untuk mengerjakannya.
7/0,5 = x/4
x = (7/0,5) . 4
x = 28/0,5 = 56 orang
(Jawaban : B)

6. Jika x = 0,178 + 6,017 + 5, 278925 dan y = 12, maka
a. x > y
b. x < y
c. x = y
d. x dan y tak dapat ditentukan

Penyelesaian :
x = 0,178 + 6,017 + 5,278925 = 11,4739, maka x < y
(Jawaban : B)

7. Dalam sebuah pertemuan, banyaknya peserta pria dibanding peserta wanita adalah 5 : 2. Seandainya diantara peserta pria pergi 5 orang maka perbandingannya menjadi 2 : 1. Berapa banyaknya peserta pertemuan tersebut ?
a. 28 peserta
b. 35 peserta
c. 42 peserta
d. 49 peserta

Penyelesaian :
misal : p = banyaknya peserta pria; w = banyaknya peserta wanita, maka
p : w = 5 : 2
p = (5/2).w
peserta pria pergi 5 orang, perbandingan menjadi 2 : 1, maka
p-5 = (2/1).w
masukkan p = (5/2).w ke dalam persamaan di atas,
(5/2)w - 5 = 2w
0,5w = 5
w = 10
sehinngga, p = (5/2)w = (5/2).10 = 25
Jadi, jumlah peserta pertemuan tersebut adalah 25 peserta pria dan 10 peserta wanita = 35 peserta
(Jawaban : B)

8. Dalam sebuah kandang terdapat 50 ekor ayam, 27 ekor ayam jantan, 18 diantaranya hitam, yang hitam semuanya berjumlah 35 ekor maka banyaknya ayam betina yang tidak hitam adalah ....
a. 6 ekor
b. 8 ekor
c. 10 ekor
d. 12 ekor

Penyelesaian :
Banyaknya ayam betina seluruhnya adalah 50-27 = 23 ekor
Banyaknya ayam batina yang hitam adalah 35-18 = 17 ekor
Jadi, banyaknya ayam betina yang tidak hitam adalah 23-17 = 6 ekor.
(Jawaban : A)

9. Dewi dan Tini berbelanja pada pasar tradisional. Dewi harus membayar Rp. 10.700,- untuk 4 bungkus mie instant dan 3 kaleng susu kental manis. Tini harus membayar Rp. 14.900,- untuk 3 bungkus mie instant dan 5 kaleng susu kental manis. Berapakah harga sebungkus mie instant ?
a. Rp. 950
b. Rp. 800
c. Rp. 750
d. Rp. 700

Penyelesaian :
Misal : harga per bungkus mi instan = m, dan harga per kaleng susu kental manis = s, maka
4m + 3s = Rp 10.700 .......(1), dan
3m + 5s = Rp 14.900 ..........(2)
Lakukan proses eliminasi, persamaan (1) dikali 3, dan persamaan (2) dikali 4,
12m +   9s = 32100
12m + 20s = 59600
---------------------  -
          -11s = -27500
                s = 2500
maka, harga mie instan adalah
4m + 3s = Rp 10.700
4m + 3(2500) =  Rp 10.700
4m = 3200
  m = 800
Jadi, harga per bungkus mie instan adalah Rp 800,-
(Jawaban : B)

10. Feri akan menerima komisi sebesar 6% dari penjualan barang senilai Rp 3.000.000. Dalam waktu sebulan Feri menerima komisi Rp 900.000 setelah ia menjual beberapa barang A seharga Rp 300.000 per unit dan barang B sebesar Rp 400.000 per unit. Berapa unit barang A yang telah dijual oleh Feri jika perbandingan barang A dan B yang terjual adalah 1/3?
a. 10 unit
b. 15 unit
c. 12 unit
d. 30 unit

Penyelesaian :
Feri akan menerima komisi sebesar 6% dari penjualan barang senilai Rp 3.000.000, sedangkan Feri menerima komisi Rp 900.000.
Misal : total penjualan yang dilakukan oleh Feri = x, maka
Rp 900.000 = 6%.x
 x = 900000 (100/6)
x = Rp 15.000.000
Rp 300 000 A + Rp 400 000 B = Rp 15 000 000 ........(1)
Perbandingan barang A dan B adalah 1/3,
A : B = 1 : 3
A = (1/3).B
Substitusi A = (1/3).B ke persamaan (1),
Rp 300 000 (1/3)B + Rp 400 000 B = Rp 15 000 000
Rp 100 000 B + Rp 400 000 B = Rp 15 000 000
Rp 500 000 B = Rp 15 000 000
B = 30 unit.
sedangkan A = (1/3)B = (1/3).30 = 10 unit.
(Jawaban : A)
Selanjutnya akan saya tulis nanti-nanti ya, sibuk :)

1. Enam buruh dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu 4 hari. Berapa orang buruh yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 1 hari ?
a. 21 orang
b. 24 orang
c. 26 orang
d. 29 orang


Penyelesaian :
Pada kasus seperti ini, berlaku hukum perbandingan berbalik nilai, di mana saat jumlah pekerja ditingkatkan, maka pekerjaan akan selesai dengan waktu yang relatif lebih singkat.
Misal : x = orang buruh yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 1 hari, maka
6 buruh / x = 1 hari / 4 hari
x = 6 . 4 = 24 buruh.
(Jawaban : B)

2. Jika n dibagi 7 maka sisanya adalah 3, maka berapakah sisanya jika 5n dibagi 7 ?
a. 0
b. 1
c. 3
d. 4

Penyelesaian :
Lihat contoh di bawah ini,
 3 + (1/2) = 7 / 2
diidentifikasikan sebagai :
hasil bagi + (sisa / pembagi) = (yang dibagi / pembagi)

Maka n dibagi 7 maka sisanya adalah 3 ditulis sebagai berikut,
hasil bagi + (3/7) = n / 7
7 . (hasil bagi + (3/7)) = n
7.hasil bagi + 3 = n
Misal 'hasil bagi' = 1, maka n = 10, dan
5n / 7 = 50 / 7 = 7 + (1/7)
Jadi, sisanya adalah 1.
(Jawaban : B)


3. Kota C mempunyai penduduk sebanyak 400.000 orang yang setiap tahun penduduknya bertambah 20.000 orang. Kota D mempunyai penduduk 1.250.000 orang yang setiap tahun penduduknya berkurang 30.000 orang. Berapa tahun lagikah kedua kota ini menjadi sama ?
a. 17 tahun
b. 14 tahun
c. 15 tahun
d. 16 tahun


Penyelesaian :
Misal : tahun di mana kedua kota tersebut mempunyai jumlah penduduk yang sama = x, maka
Jumlah penduduk Kota C = 400.000 + 20.000x
Jumlah penduduk Kota D = 1.250.000 - 30.000x

Jumlah penduduk Kota C dan D adalah sama pada tahun x, dituliskan sebagai berikut.
Jumlah penduduk Kota C = Jumlah penduduk Kota D
 400.000 + 20.000x = 1.250.000 - 30.000x
 50.000x = 1.250.000 - 400.000
50.000x = 850.000
x = 850.000 / 50.000
x = 17
(Jawaban : A)

4. Murid-murid suatu kelas akan berpiknik dengan bus. Jumlah siswa wanita 2 kali lebih banyak dari siswa pria. Biaya per siswa adalah Rp 450,00 dan jumlah uang yang terkumpul adalah Rp 13.500. Berapakah jumlah siswa pria yang ikut berpiknik?
a. 5 siswa
b. 10 siswa
c. 15 siswa
d. 20 siswa

Penyelesaian :
Misal : jumlah pria yang ikut piknik = p, dan jumlah wanita yang ikut piknik = w, maka
w = 2p
Jumlah uang yang terkumpul adalah jumlah siswa dikali biaya per siswa
Rp 450 . (p+w) = Rp 13.500
Rp 450 . (p+2p) = Rp 13.500
3p = Rp 13.500 / Rp 450
3p = 30
p = 10 siswa
(Jawaban : B)

5. Jika p sembarang bilangan positif, x = 3p + 5, dan y = 2p + 4, maka
a. x > y
b. x < y
c. x = y
d. x dan y tak dapat ditentukan 

Penyelesaian :
Logika sederhana :
x mempunyai pengali p lebih besar dari y, yaitu 3 pada x dan 2 pada y.
x mempunyai konstanta penjumlah yang lebih besar dari y, yaitu 5 pada x dan 4 pada y.
Oleh karena itulah, berapa pun nilai p, nilai x akan lebih besar daripada nilai y.
Jadi, x > y
(Jawaban : A)

6. Berapa butir telur yang dapat dibeli dengan Rp 20.000,- jika dengan Rp 4.000 akan mendapatkan 3 butir telur ?
a. 12 butir telur
b. 14 butir telur
c. 15 butir telur
d. 17 butir telur

Penyelesaian :
(Rp 20.000 / Rp 4.000) . 3 = 15
(Jawaban : C)

7. Toko Flamboyan mempunyai 460 pekerja dan masih mempunyai kemungkinan untuk menerima 25 tenaga baru lagi tiap minggu. Namun, tiap minggu 5 orang pekerja keluar. Dalam berapa minggukah Toko Flamboyan akan mempunyai pekerja sebanyak 600 orang?
a. 8 minggu
b. 9 minggu
c. 7 minggu
d. 5 minggu
Penyelesaian :
Misal : Toko Flamboyan akan mempunyai pekerja sebanyak 600 orang pada minggu ke-x.
460 + 25x - 5x = 600
460 + 20x = 600
20x = 140
x = 7
(Jawaban : C)

8. Nilai Budiman termasuk urutan ke-16 dari atas dan juga urutan ke 16 dari bawah dalam kelasnya. Berapakah banyaknya siswa dalam kelas tersebut?
a. 16 orang
b. 31 orang
c. 26 orang
d. 32 orang

Penyelesaian :
Cara Cepat : 16 + 16 - 1 = 31 siswa.
Penjelasannya adalah : Nilai Budiman termasuk urutan ke-16 dari atas dan juga urutan ke 16 dari bawah, maka ada 15 orang yang nilainya di bawah dia. Dikarenakan dia ada di urutan 16 dan ada 15 orang yang nilainya di bawah dia, maka total siswa dalam kelas tersebut adalah 16 + 15 = 31 siswa.
 (Jawaban : B)

9. Jika 20% dari x adalah 2a dan 45% dari x adalah 1/2 b, maka berapa persen a + b dari x ?
a. 80
b. 100
c. 65
d. 50

Penyelesaian :
20% . x = 2a
a = (20/2)% x = 10% x
dan,
45% . x = (1/2) b
b = 2(45%) x = 90% x
Sehingga a+b adalah,
a + b = (10% x) + (90% x) = 100% x
Dengan demikian, a+b adalah 100% dari x.
(Jawaban : B)

10. Tiga laki-laki, X, Y, dan Z mengumpulkan uang berturut-turut Rp. 140.000,-, Rp. 180.000,-, dan Rp. 220.000,- untuk modal usaha mereka. Pembagian keuntungan sebanding dengan jumlah modal yang disetorkan. Jika usahanya mendapat untung sebanyak Rp. 150.000,-. Berapa jumlah keuntungan yang diterima Z ?
a. Rp. 80.000
b. Rp. 50.000
c. Rp. 70.000
d. Rp. 62.000

Penyelesaian :
Total modal X, Y, dan Z adalah
Rp. 140.000 + Rp. 180.000 + Rp. 220.000 = Rp. 540.000
Yang didapat Z adalah sesuai dengan modalnya, yaitu
Z =  (220.000 / 540.000) . 150.000 = Rp 61.111 (dibulatkan menjadi Rp 62.000)
(Jawaban : D)

Selanjutnya akan saya tulis nanti-nanti ya, sibuk :)

1. Jika A dapat dibagi oleh 30 dan 35, maka A juga dapat dibagi oleh :
a. 8
b. 11
c. 21
d. 65

Penyelesaian :
A dapat dibagi oleh 30 dan 35, berarti A dapat dibagi oleh faktor pengali kedua bilangan, yaitu 2, 3, 5, 6, 10, 15, 7. A juga dapat dibagi oleh perkalian antar bilangan-bilangan tersebut. Perkalian yang sesuai dengan pilihan jawaban adalah  7 . 3 = 21.
(Jawaban : C)

2. Harga 18 baju Rp 540.000,00. Harga 2,5 lusin baju tersebut adalah ....
a. Rp 1.000.000,00
b. Rp 900.000,00
c. Rp 800.000,00
d. Rp 750.000,00

Penyelesaian :
18 baju = 1,5 lusin baju.
Maka, harga per lusin = Rp 540.000 / 1,5 lusin = Rp 360.000
Jadi, harga 2,5 lusin baju tersebut adalah :
2,5 . Rp 360.000 = Rp 900.000
(Jawaban : B)

3. PT. Gilland Ganesha merencanakan membuat lemari dan meja. Jumlah kedua barang itu 24 buah. Jumlah meja 3 kali dari jumlah lemari. Berapakah jumlah meja yang akan di buat?
a. 16 meja
b. 21 meja
c. 18 meja
d. 20 meja

Penyelesaian :
Misal, jumlah meja = m, dan jumlah lemari adalah L, maka
m = 3L
dan,
m + L = 24
3L + L = 24
L = 24/4 = 6
m = 3 . 6 = 18 meja.
(Jawaban : C)

4. Jika x rupiah dibagi sama rata pada n orang dan setiap orang memperoleh bagian yang sama besar Rp. 63.000,-. Kemudian datang seseorang ikut bergabung pada kelompok di atas dan jika x rupiah dibagikan merata, maka setiap orang kini mendapat bagian sebesar Rp. 52.500, Berapa rupiahkah x ?
a. 300.000
b. 315.000
c. 350.000
d. 400.000

Penyelesaian :
Rata-rata (uang yang didapat per orang) = Jumlah seluruh uang / jumlah orang
63000 = x / n
x = 63000n  (persamaan 1)
Seseorang yang bergabung akan merubah n menjadi n+1
x = 52500 . (n+1)
Masukkan persamaan 1,
63000n = (52500n) + 52500
10500n = 52500
n = 52500 / 10500 =  5
Jadi, x adalah (dari persamaan 1)
x = 63000n = 63000 . 5 = Rp 315.000
(Jawaban : B)

5. Paidi dapat membaca 1.548 kata dalam waktu 18 menit. Berapa kata yang dapat diselesaikan oleh Paidi dalam waktu 6 menit ?
a. 612 kata
b. 532 kata
c. 526 kata
d. 516 kata

Penyelesaian :
Misal : x = banyak kata yang dapat diselesaikan oleh Paidi dalam waktu 6 menit.
x = (6/18) . 1548
 x = 516 kata
(Jawaban : D)

6. Harga 8 buah buku tulis dan 6 buah pensil Rp 14.400,00. Harga 6 buah buku tulis dan 5 buah pensil Rp 11.200. Jumlah harga 5 buah buku tulis dan 8 buah pensil adalah
a. Rp 13.600
b. Rp 12.400
c. Rp 12.400
d. Rp 11.600

Penyelesaian :
Misal : harga per buah buku tulis = b; harga per buah pensil = p, maka
8b + 6p = 14400 (persamaan 1)
6b + 5p = 11200 (persamaan 2)
lakukan proses eliminasi, persamaaan (1) dikali 3 dan persamaan (2) dikali 4,
24b + 18p = 43200
24b + 20p = 44800
--------------------- -
        -2p = -1600
        p = 800

dan nilai b (dari persamaan 1) adalah,
8b + 6 . 800 = 14400
8b = 14400 - 4800 = 9600
b = 9600 / 8
b = 1200
Maka, jumlah harga 5 buku tukis dan 8 buah pensil adalah
5b + 8p = 5(1200) + 8(800) = 6000 + 6400 = 12400

(Jawaban : C)

7. Jika p - 3 = q + 3, maka q - p = ?
a. 6
b. 1
c. -6
d. -1

Penyelesaian :
Pindahkan p ke ruas kanan dan 3 ke ruas kiri
p - 3 = q + 3
-3 - 3 = q - p
-6 = q - p
(Jawaban : C)

8. Sekelompok anak yang sedang bermain mobil-mobilan berjumlah 18 anak. Saat itu 11 orang membawa mobil balap, 8 orang membawa mobil sedan, dan 5 orang tidak membawa mainan sama sekali. Jumlah anak yang membawa kedua jenis mobil tersebut adalah
a. 1 anak
b. 6 anak
c. 12 anak
d. 14 anak

Penyelesaian :
Misal : banyak anak yang membawa kedua jenis mobil tersebut = x
Jumlah seluruh anak = (11 - x) + (8 - x) + x + 5
18 = 24 - x
x = 24 - 18 = 6 anak
(Jawaban : B)

9. Sarah menerima uang Rp 50.000 minggu lalu. Sepersepuluhnya langsung digunakan untuk membeli sabun cuci. Sepertiganya sisanya digunakan untuk membayar jasa pencucian. Dua perenam sisanya digunakan untuk biaya antar jemput. Seperempat sisanya digunakan untuk membeli kopi dan gula. Sisa uang Sarah sekarang adalah ...
a. Rp 15.000
b. Rp 7.500
c. Rp 10.500
d. Rp 12.000

Penyelesaian :
Uang Sarah = 50000
- membeli sabun cuci = (1/10) . 50000 = 5000
      sisa uang sarah = 50000 - 5000 = 45000
- membayar jasa pencucian = (1/3) . 45000 = 15000
      sisa uang sarah = 45000 - 15000 = 30000
- biaya antar jemput = (2/6) . 30000 = 10000
      sisa uang sarah = 30000 - 10000 = 20000
- membeli kopi dan gula = (1/4) . 20000 = 5000
      sisa uang sarah = 20000 - 5000 = 15000
(Jawaban : A)

10. Jika r/3 sebuah bilangan genap, dan r/6 sebuah bilangan ganjil, maka manakah yang dapat merupakan nilai r ?
a. 60
b. 18
c. 12
d. 24

Penyelesaian :
Coba pilihan jawaban satu persatu.
a. 60/3 = 20 (genap) dan 60/6 = 10 (genap)
b. 18/3 = 6 (genap) dan 18/6 = 3(ganjil)

(Jawaban : B)

Selanjutnya akan saya tulis nanti-nanti ya, sibuk :)


Phsicology Test/Tes Psikologi atau psikotes/psikotest sebagai bagian dalam tahapan penerimaan calon pegawai. Keunikan dari tes ini adalah pada “ketidakpastiannya”. Mengapa? Karena faktor ini dapat memutarbalikan perhitungan logis potensi seseorang. Sebagai contoh, seseorang lulusan perguruan tinggi terbaik di negeri ini dengan IPK : 3 koma dan berpengalaman sebagai asisten dosen, tidak dapat lolos dari lobang jarum ujian psikotes sehingga akhirnya harus berwirausaha karena belum pernah mampu melewati psikotes untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan. Memang ini ironi, namun ini fakta. Psikotes memang merupakan fenomena tersendiri bagi para pelamar kerja. Penulis juga pernah menghadapi hal serupa, untuk kemudian harus bangkit melalui proses “learning by doing”. Penulis bukan seorang psikiater maupun phsicology tester, namun beberapa tips yang akan di-share berikut ini, berdasarkan pengalaman penulis ketika menghadapi psikotes, diharapkan mampu membantu mengurangi kegagalan psikotes Anda:
1. Tes Logika Aritmatika. Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut. Tipsnya: 1) jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3 -4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat. 2) Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya. 3) Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur. Contoh:
- 16 8 4 2 1 1/2 … …
- 45 15 18 6 9 3 … …
2. Tes Logika Penalaran. Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut: Tipsnya: konsetrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama.Contoh:
3. Analog Verbal Test. Tes ini terdiri atas 40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan. Tipsnya: Apabila anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, anda bisa mem-bypass-nya dengan menghafal soal dan jawaban. Karena beberapa kali penulis menghadapi tes in, soal yang diberikan relatif sama. Contoh:
- wanita : kebaya = pria :
- a. sepatu b. baju c. topi d. jas
- kubus : pyramid = empat persegi :
- a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga
4. Kraeplien/Pauli. Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Calon pegawai diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan disampingnya. Yang diukur dalam tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Tipsnya : 1) Jangan sekalipun menggunakan pensil mekanis dalam tes ini melainkan pensil biasa atau pulpen saja, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis membutuhkan di-reload ketika ujung granitnya habis, mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Apabila anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti anda telah kehilangan waktu 5-10 detik. 2) Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri di awal tes namun tergopoh-gopoh di pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri anda untuk menghemat tenaga. 3) Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan anda sendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan dan itu berarti justru membuang waktu dan memubuat grafik penjumlahan anda tidak alami. 4) Hal yang paling penting dari keseluruhan tes kraeplein adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blank padapertengahan tes, namun anda harus bisa bangkit & fokus lagi pada tes. Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapan dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi anda.
5. Wartegg Test. Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Contoh:
Tipsnya adalah: 1) Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘. 2) Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini:
6. Draw A Man Test (DAM). Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja. Tipsnya: 1) Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga. 2) Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper dsb.
7. Army Alpha Intelegence Test. Tes ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk. Soal satu soal kadang terkait dengan soal sebelumya. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan daya tangkap Anda dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat. Tipsnya : konsentrasilah kepada apa yang dikatakan narator, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan waktu yang diberikan sangat terbatas. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberikan instruksi. Contoh:
Narator akan mediktekan soal sebagai berikut : “Coretlah angka ganjil dalam kotak dan coretlah angka genap yang berhuruf dalam lingkaran, kerjakan!” dan pada lembar jawaban akan diberikan gambar sebagai berikut:
8. Menggambar Pohon. Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria : berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya. Tipsnya : 1) Pada setiap tes menggambar pohon yang pernah dilalui, penulis selalu menggambar pohon nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium. 2) Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detil dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon. 3) Untuk hasil yang lebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis pohonnya, kemudian latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut.
9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS). Tes ini terdiri atas pilihan-pilhan jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang. Tipsnya: 1) Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar. 2) Secara keseluruhan, tes EPPS ini memang paling sulit untuk di-adjustment (diakali), namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa di-adjustment untuk disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang anda pilihan. Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai Bank, pilihlah jawaban-jawaban yang mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork. 3) Karena sulitnya proses adjusment tehadap tes ini, jalan paling praktis yang dapat ditempuh adalah memperbaiki diri (self improvement) anda dalam segala hal, setup diri anda menjadi seakan-akan seseorang profesional dalam setiap tingkah laku keseharian anda seperti: jujur, tepat janji, tanggung jawab dan disiplin. Karena cerminan pola pikir dan tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes. Contoh Soalnya:
- A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
- B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
- A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
- B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban
10. Learning By Doing. Pengalaman memang guru yang paling baik. Lakukan perbaikan-perbaikan secara continue baik terhadap diri anda maupun terhadap kemampuan anda, di setiap psikotes yang anda hadapi. Misalnya seperti : melatih diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya, membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum menghadapi psikotes (refreshment) dan mempersiapkan fisik sebaik-baiknya karena pada dasarnya psikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaan tegang dan tekanan. Karena dengan mekanisme tersebut, psikotes bukan meruapakan momok yang harus anda hindari, namun anda akan lambat laun berteman dan akrab dengan psikotes
Soal Psikotes dan Penyelesaiannya : AnalogiVerbal
1. Mobil - Bensin = Pelari - .... a. Makanan b. Sepatu c. Kaos d. LintasanJawab : a. makananPenjelasan : Mobil membutuhkan energi untuk bergerak, yaitu bensin. Pelari membutuhkanmakanan sebagai sumber energi untuk berlari.

2. Dingin - Selimut = Hujan - .... a. Air b. Payung c. Dingin d. BasahJawab : b. PayungPenjelasan : Kalau suasana dingin, kita membutuhkan selimut untuk menghangatkan tubuh. Kalaucuaca hujan, kita membutuhkan payung untuk melindungi tubuh kita dari air hujan.

3. Semir - Sepatu = Sikat - .... a. Kuku b. Rambut c. Televisi d. GigiJawab : d. GigiPenjelasan : Semir digunakan untuk membersihkan sepatu. Sikat digunakan untuk membersihkangigi.

4. Kepala - Pusing = Perut - .... a. Batuk b. Pilek c. Mules d. Gemuk Jawab : c. MulesPenjelasan : Sakit pada kepala dinamakan pusing. Sakit pada perut dinamakan mules.

5.Bugil - Pakaian = Gundul - .... a. Botak b. Kepala c. Cukur d. RambutJawab : d. RambutPenjelasan : Disebut bugil karena tidak memakai pakaian. Disebut gundul karena tidak ada rambut.

6. Kayu - Pohon = Emas - .... a. Tambang b. Perhiasan c. Mahal d. LogamJawab : a. TambangPenjelasan : Kayu didapat dari pohon. Emas didapat dari tambang.

7. Saya - Kami = Dia - .... a. Kamu b. Mereka c. Anda d. KitaJawab : b. MerekaPenjelasan : Bentuk jamak dari saya adalah kami. Bentuk jamak dari dia adalah mereka.

8. Kumis - Kucing = Belalai - .... a. Ular b. Harimau c. Gajah d. HidungJawab : c. GajahPenjelasan : Kumis ada di kucing. Belalai ada di gajah.

9. Busur - Panah = Senapan - .... a. Peluru b. Senjata c. Berbahaya d. TembakanJawab : a. PeluruPenjelasan : Busur mempunyai panah. Senapan memiliki peluru.
10. Ayah - Anak = Pohon - .... a. Daun b. Tunas c. Ranting d. AkarJawab : b. TunasPenjelasan : Ayah beregenerasi pada anak. Pohon beregenerasi pada tunas.

11. Es - Dingin = Gula - .... a. Bubuk b. Kristal c. Tebu d. ManisJawab : d. ManisPenjelasan : Es mempunyai sifat dingin. Gula mempunyai sifat manis.

12. Pintar - Belajar = Bodoh - .... a. Cerdas b. Rajin c. Dosen d. MalasJawab : d. MalasPenjelasan : Pintar karena belajar. Bodoh karena malas.

 21. Baju - Kancing = Pintu - .... a. Kayu b. Besi c. Kayu d. KunciJawab : d. KunciPenjelasan : Baju memiliki kancing untuk menutupnya rapat. Pintu memiliki kunci untuk menguncinya.

14. Terbang - Burung = Jalan - .... a. Jauh b. Singa c. Lebah d. Kupu-kupuJawab : b. SingaPenjelasan : Burung dapat terbang, singa dapat berjalan

15. Mobil - Roda = Rumah - .... a. Pondasi b. Tanah c. Jendela d. AtapJawab : a. PondasiPenjelasan : Mobil dapat berjalan karena ada roda. Rumah dapat berdiri karena ada pondasi

16. Bulan - Bumi = Yupiter - ... a. Venus b. Orbit c. Matahari d. BulanJawab : c. MatahariPenjelasan : Bulan mengelilingi bumi. Yupiter mengelilingi matahari

17. Februari - April = Mei - .... a. Juli b. Agustus c. September d. OktoberJawab : a. JuliPenjelasan : Februari ke April = 2 bulan. Mei ke Juli = 2 bulan

18. Ekspor - Pergi = Impor - .... a. Luar b. Dagang c. Masuk d. AsingJawab : c. Masuk Penjelasan : Ekspor adalah ke luar/pergi. Impor adalah ke dalam (masuk)

19. Mobil - Bensin = Perahu - .... a. Laut b. Angin c. Ombak d. KayuJawab : b. AnginPenjelasan : Mobil membutuhkan energi untuk bergerak, yaitu bensin. Perahu membutuhkan energiuntuk bergerak, yaitu angin.
20. Mikroskop - Mikroba = Teleskop - .... a. Bakteri b. Bioskop c. Teropong d. BintangJawab : d. BintangPenjelasan : Mikroskop adalah alat untuk melihat mikroba. Teleskop adalah alat untuk melihatbintang.


 Salah satu contoh soal dan penyelesaian

No comments:

Post a Comment

Coinexchange.io

Terms & Conditions for www.coinexchange.io Introduction   Welcome to www.coinexchange.io. This website is owned and oper...