Soal
Psikotes dan Penyelesaiannya : Kemampuan Kuantitatif (3)
1. Dias suka mengoleksi
mobil-mobilan. Rata-rata harga mobil-mobilan yang ia miliki adalah Rp. 50.000,-
per buah. Uang saku Dias sehari adalah Rp. 5.000,- . Dias sudah mengoleksi 10 mobil-mobilan
dalam 2 bulan. Pernyataan di bawah ini yang dapat menjelaskan hal di atas
adalah :
a. Seluruh uang Dias digunakan untuk membeli mobil-mobilan.
b. Mobil-mobilan koleksi Dias sebagian merupakan pemberian orang lain.
c. Dias membeli mobil-mobilan bekas yang harganya murah.
d. Uang saku Dias digunakan sebagian untuk membeli mobil-mobilan.
Penyelesaian :
Uang Dias sehari adalah : Rp. 5.000, maka dalam dua bulan adalah Rp 150.000,-
Harga mobil-mobilan per buah adalah Rp 50.000,- dan uang untuk membeli 10 mobil-mobilan adalah Rp 500.000,-
Tidak mungkin Dias membeli mobil-mobilan tersebut dengan uangnya sendiri. Mobil-mobilan koleksi Dias sebagian merupakan pemberian orang lain.
a. Seluruh uang Dias digunakan untuk membeli mobil-mobilan.
b. Mobil-mobilan koleksi Dias sebagian merupakan pemberian orang lain.
c. Dias membeli mobil-mobilan bekas yang harganya murah.
d. Uang saku Dias digunakan sebagian untuk membeli mobil-mobilan.
Penyelesaian :
Uang Dias sehari adalah : Rp. 5.000, maka dalam dua bulan adalah Rp 150.000,-
Harga mobil-mobilan per buah adalah Rp 50.000,- dan uang untuk membeli 10 mobil-mobilan adalah Rp 500.000,-
Tidak mungkin Dias membeli mobil-mobilan tersebut dengan uangnya sendiri. Mobil-mobilan koleksi Dias sebagian merupakan pemberian orang lain.
(Jawaban :
B)
2. 9 adalah 150 persen dari ?
a. 3
b. 6
c. 12
d. 15
Penyelesaian :
Misal : x adalah yang ditanya.
150% . x =
9
x =
900/150
x = 6
(Jawaban :
A)
3. Bambang menjual sebuah barang dengan harga Rp. 80.000,- dan memperoleh laba 25% dari harga beli. Berapakah harga beli barang tersebut?
a. Rp. 100.000,-
b. Rp. 64.000,-
c. Rp. 120.000,-
d. Rp. 20.000,-
Penyelesaian :
Misal Harga Jual = J ; Harga Beli = B ; Laba = L
L = J - B
25% . B =
80000 - B
0,25B + B
= 80000
1,25B =
80000
B = Rp
64.000,-
(Jawaban :
B)
4. Dalam suatu pertemuan, panitia mengundang 50 wanita dan 70 pria. Ternyata dari undangan tersebut yang hadir hanya 40 % wanita dan 50 % pria dari jumlah keseluruhan undangan. Berapa persen tamu yang hadir ?
a. 78%
b. 68%
c. 48%
d. 46%
Penyelesaian:
Jumlah seluruh undangan : 50 wanita + 70 pria = 120 orang.
Yang hadir :
wanita =
40% . 50 = 0,4 . 50 = 20
pria = 50% . 70 = 0,5 . 70 = 35
total yang datang = 20 + 35 = 55
pria = 50% . 70 = 0,5 . 70 = 35
total yang datang = 20 + 35 = 55
pertanyaannya adalah : yang datang
berapa persen dari yang diundang ?
jawabannya adalah
x% . 120 =
55
x =
5500/120
x = 45,83
dibulatkan menjadi 46.
(Jawaban :
D)
5. Empat (4) orang menggali selokan
dan selesai dalam waktu 7 hari. Berapa orang yang diperlukan untuk menggali
selokan dalam waktu 1/2 hari?
a. 28 orang
b. 56 orang
c. 14 orang
d. 58 orang
Penyelesaian :
Dalam kasus seperti ini, berlaku hukum perbandingan berbalik nilai. Pada soal di atas, untuk mendapatkan waktu yang lebih cepat, maka diperlukan orang yang banyak untuk mengerjakannya.
a. 28 orang
b. 56 orang
c. 14 orang
d. 58 orang
Penyelesaian :
Dalam kasus seperti ini, berlaku hukum perbandingan berbalik nilai. Pada soal di atas, untuk mendapatkan waktu yang lebih cepat, maka diperlukan orang yang banyak untuk mengerjakannya.
7/0,5 =
x/4
x =
(7/0,5) . 4
x = 28/0,5
= 56 orang
(Jawaban :
B)
6. Jika x = 0,178 + 6,017 + 5, 278925 dan y = 12, maka
a. x > y
b. x < y
c. x = y
d. x dan y tak dapat ditentukan
Penyelesaian :
x = 0,178 + 6,017 + 5,278925 = 11,4739, maka x < y
(Jawaban :
B)
7. Dalam sebuah pertemuan, banyaknya
peserta pria dibanding peserta wanita adalah 5 : 2. Seandainya diantara peserta
pria pergi 5 orang maka perbandingannya menjadi 2 : 1. Berapa banyaknya peserta
pertemuan tersebut ?
a. 28 peserta
b. 35 peserta
c. 42 peserta
d. 49 peserta
Penyelesaian :
misal : p = banyaknya peserta pria; w = banyaknya peserta wanita, maka
a. 28 peserta
b. 35 peserta
c. 42 peserta
d. 49 peserta
Penyelesaian :
misal : p = banyaknya peserta pria; w = banyaknya peserta wanita, maka
p : w = 5
: 2
p =
(5/2).w
peserta pria pergi 5 orang,
perbandingan menjadi 2 : 1, maka
p-5 =
(2/1).w
masukkan p = (5/2).w ke dalam
persamaan di atas,
(5/2)w - 5
= 2w
0,5w = 5
w = 10
sehinngga,
p = (5/2)w = (5/2).10 = 25
Jadi, jumlah peserta pertemuan
tersebut adalah 25 peserta pria dan 10 peserta wanita = 35 peserta
(Jawaban :
B)
8. Dalam sebuah kandang terdapat 50
ekor ayam, 27 ekor ayam jantan, 18 diantaranya hitam, yang hitam semuanya
berjumlah 35 ekor maka banyaknya ayam betina yang tidak hitam adalah ....
a. 6 ekor
b. 8 ekor
c. 10 ekor
d. 12 ekor
Penyelesaian :
Banyaknya ayam betina seluruhnya adalah 50-27 = 23 ekor
Banyaknya ayam batina yang hitam adalah 35-18 = 17 ekor
Jadi, banyaknya ayam betina yang tidak hitam adalah 23-17 = 6 ekor.
a. 6 ekor
b. 8 ekor
c. 10 ekor
d. 12 ekor
Penyelesaian :
Banyaknya ayam betina seluruhnya adalah 50-27 = 23 ekor
Banyaknya ayam batina yang hitam adalah 35-18 = 17 ekor
Jadi, banyaknya ayam betina yang tidak hitam adalah 23-17 = 6 ekor.
(Jawaban :
A)
9. Dewi dan Tini berbelanja pada
pasar tradisional. Dewi harus membayar Rp. 10.700,- untuk 4 bungkus mie instant
dan 3 kaleng susu kental manis. Tini harus membayar Rp. 14.900,- untuk 3
bungkus mie instant dan 5 kaleng susu kental manis. Berapakah harga sebungkus
mie instant ?
a. Rp. 950
b. Rp. 800
c. Rp. 750
d. Rp. 700
Penyelesaian :
Misal : harga per bungkus mi instan = m, dan harga per kaleng susu kental manis = s, maka
a. Rp. 950
b. Rp. 800
c. Rp. 750
d. Rp. 700
Penyelesaian :
Misal : harga per bungkus mi instan = m, dan harga per kaleng susu kental manis = s, maka
4m + 3s =
Rp 10.700 .......(1), dan
3m + 5s =
Rp 14.900 ..........(2)
Lakukan proses eliminasi, persamaan
(1) dikali 3, dan persamaan (2) dikali 4,
12m + 9s = 32100
12m + 20s = 59600
--------------------- -
-11s = -27500
s = 2500
maka, harga mie instan adalah
4m + 3s = Rp 10.700
4m + 3(2500) = Rp 10.700
4m = 3200
m = 800
Jadi, harga per bungkus mie instan adalah Rp 800,-
4m + 3s = Rp 10.700
4m + 3(2500) = Rp 10.700
4m = 3200
m = 800
Jadi, harga per bungkus mie instan adalah Rp 800,-
(Jawaban :
B)
10. Feri akan menerima komisi
sebesar 6% dari penjualan barang senilai Rp 3.000.000. Dalam waktu sebulan Feri
menerima komisi Rp 900.000 setelah ia menjual beberapa barang A seharga Rp
300.000 per unit dan barang B sebesar Rp 400.000 per unit. Berapa unit barang A
yang telah dijual oleh Feri jika perbandingan barang A dan B yang terjual
adalah 1/3?
a. 10 unit
b. 15 unit
c. 12 unit
d. 30 unit
Penyelesaian :
Feri akan menerima komisi sebesar 6% dari penjualan barang senilai Rp 3.000.000, sedangkan Feri menerima komisi Rp 900.000.
Misal : total penjualan yang dilakukan oleh Feri = x, maka
a. 10 unit
b. 15 unit
c. 12 unit
d. 30 unit
Penyelesaian :
Feri akan menerima komisi sebesar 6% dari penjualan barang senilai Rp 3.000.000, sedangkan Feri menerima komisi Rp 900.000.
Misal : total penjualan yang dilakukan oleh Feri = x, maka
Rp 900.000
= 6%.x
x =
900000 (100/6)
x = Rp
15.000.000
Rp 300 000
A + Rp 400 000 B = Rp 15 000 000 ........(1)
Perbandingan barang A dan B adalah
1/3,
A : B = 1
: 3
A =
(1/3).B
Substitusi A = (1/3).B ke persamaan
(1),
Rp 300 000
(1/3)B + Rp 400 000 B = Rp 15 000 000
Rp 100 000
B + Rp 400 000 B = Rp 15 000 000
Rp 500 000
B = Rp 15 000 000
B = 30
unit.
sedangkan A = (1/3)B = (1/3).30 = 10
unit.
(Jawaban :
A)
Selanjutnya akan saya tulis
nanti-nanti ya, sibuk :)
1. Enam buruh dapat menyelesaikan
suatu pekerjaan dalam waktu 4 hari. Berapa orang buruh yang dibutuhkan untuk
menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 1 hari ?
a. 21 orang
b. 24 orang
c. 26 orang
d. 29 orang
Penyelesaian :
Pada kasus seperti ini, berlaku hukum perbandingan berbalik nilai, di mana saat jumlah pekerja ditingkatkan, maka pekerjaan akan selesai dengan waktu yang relatif lebih singkat.
Misal : x = orang buruh yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 1 hari, maka
a. 21 orang
b. 24 orang
c. 26 orang
d. 29 orang
Penyelesaian :
Pada kasus seperti ini, berlaku hukum perbandingan berbalik nilai, di mana saat jumlah pekerja ditingkatkan, maka pekerjaan akan selesai dengan waktu yang relatif lebih singkat.
Misal : x = orang buruh yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 1 hari, maka
6 buruh /
x = 1 hari / 4 hari
x = 6 . 4
= 24 buruh.
(Jawaban :
B)
2. Jika n dibagi 7 maka sisanya
adalah 3, maka berapakah sisanya jika 5n dibagi 7 ?
a. 0
b. 1
c. 3
d. 4
a. 0
b. 1
c. 3
d. 4
Penyelesaian :
Lihat contoh di bawah ini,
3 +
(1/2) = 7 / 2
diidentifikasikan sebagai :
hasil bagi
+ (sisa / pembagi) = (yang dibagi / pembagi)
Maka n dibagi 7 maka sisanya adalah
3 ditulis sebagai berikut,
hasil bagi
+ (3/7) = n / 7
7 . (hasil
bagi + (3/7)) = n
7.hasil
bagi + 3 = n
Misal 'hasil bagi' = 1, maka n = 10,
dan
5n / 7 =
50 / 7 = 7 + (1/7)
Jadi, sisanya adalah 1.
(Jawaban :
B)
3. Kota C mempunyai penduduk sebanyak 400.000 orang yang setiap tahun penduduknya bertambah 20.000 orang. Kota D mempunyai penduduk 1.250.000 orang yang setiap tahun penduduknya berkurang 30.000 orang. Berapa tahun lagikah kedua kota ini menjadi sama ?
a. 17 tahun
b. 14 tahun
c. 15 tahun
d. 16 tahun
Penyelesaian :
Misal : tahun di mana kedua kota tersebut mempunyai jumlah penduduk yang sama = x, maka
Jumlah
penduduk Kota C = 400.000 + 20.000x
Jumlah penduduk
Kota D = 1.250.000 - 30.000x
Jumlah penduduk Kota C dan D adalah
sama pada tahun x, dituliskan sebagai berikut.
Jumlah
penduduk Kota C = Jumlah penduduk Kota D
400.000
+ 20.000x = 1.250.000 - 30.000x
50.000x
= 1.250.000 - 400.000
50.000x =
850.000
x =
850.000 / 50.000
x = 17
(Jawaban :
A)
4. Murid-murid suatu kelas akan
berpiknik dengan bus. Jumlah siswa wanita 2 kali lebih banyak dari siswa pria.
Biaya per siswa adalah Rp 450,00 dan jumlah uang yang terkumpul adalah Rp
13.500. Berapakah jumlah siswa pria yang ikut berpiknik?
a. 5 siswa
b. 10 siswa
c. 15 siswa
d. 20 siswa
a. 5 siswa
b. 10 siswa
c. 15 siswa
d. 20 siswa
Penyelesaian :
Misal : jumlah pria yang ikut piknik
= p, dan jumlah wanita yang ikut piknik = w, maka
w = 2p
Jumlah uang yang terkumpul adalah
jumlah siswa dikali biaya per siswa
Rp 450 .
(p+w) = Rp 13.500
Rp 450 .
(p+2p) = Rp 13.500
3p = Rp
13.500 / Rp 450
3p = 30
p = 10
siswa
(Jawaban :
B)
5. Jika p sembarang bilangan
positif, x = 3p + 5, dan y = 2p + 4, maka
a. x > y
b. x < y
c. x = y
d. x dan y tak dapat ditentukan
a. x > y
b. x < y
c. x = y
d. x dan y tak dapat ditentukan
Penyelesaian :
Logika sederhana :
x mempunyai pengali p lebih besar
dari y, yaitu 3 pada x dan 2 pada y.
x mempunyai konstanta penjumlah yang
lebih besar dari y, yaitu 5 pada x dan 4 pada y.
Oleh karena itulah, berapa pun nilai
p, nilai x akan lebih besar daripada nilai y.
Jadi, x > y
(Jawaban :
A)
6. Berapa butir telur yang dapat
dibeli dengan Rp 20.000,- jika dengan Rp 4.000 akan mendapatkan 3 butir telur ?
a. 12 butir telur
b. 14 butir telur
c. 15 butir telur
d. 17 butir telur
a. 12 butir telur
b. 14 butir telur
c. 15 butir telur
d. 17 butir telur
Penyelesaian :
(Rp 20.000 / Rp 4.000) . 3 = 15
(Jawaban :
C)
7. Toko Flamboyan mempunyai 460
pekerja dan masih mempunyai kemungkinan untuk menerima 25 tenaga baru lagi tiap
minggu. Namun, tiap minggu 5 orang pekerja keluar. Dalam berapa minggukah Toko
Flamboyan akan mempunyai pekerja sebanyak 600 orang?
a. 8 minggu
b. 9 minggu
c. 7 minggu
d. 5 minggu
a. 8 minggu
b. 9 minggu
c. 7 minggu
d. 5 minggu
Penyelesaian :
Misal : Toko Flamboyan akan
mempunyai pekerja sebanyak 600 orang pada minggu ke-x.
460 + 25x
- 5x = 600
460 + 20x
= 600
20x = 140
x = 7
(Jawaban :
C)
8. Nilai Budiman termasuk urutan
ke-16 dari atas dan juga urutan ke 16 dari bawah dalam kelasnya. Berapakah
banyaknya siswa dalam kelas tersebut?
a. 16 orang
b. 31 orang
c. 26 orang
d. 32 orang
a. 16 orang
b. 31 orang
c. 26 orang
d. 32 orang
Penyelesaian :
Cara Cepat
: 16 + 16 - 1 = 31 siswa.
Penjelasannya adalah : Nilai Budiman
termasuk urutan ke-16 dari atas dan juga urutan ke 16 dari bawah, maka ada 15
orang yang nilainya di bawah dia. Dikarenakan dia ada di urutan 16 dan ada 15
orang yang nilainya di bawah dia, maka total siswa dalam kelas tersebut adalah
16 + 15 = 31 siswa.
(Jawaban
: B)
9. Jika 20% dari x adalah 2a dan 45%
dari x adalah 1/2 b, maka berapa persen a + b dari x ?
a. 80
b. 100
c. 65
d. 50
a. 80
b. 100
c. 65
d. 50
Penyelesaian :
20% . x =
2a
a =
(20/2)% x = 10% x
dan,
45% . x =
(1/2) b
b = 2(45%)
x = 90% x
Sehingga a+b adalah,
a + b =
(10% x) + (90% x) = 100% x
Dengan demikian, a+b adalah 100%
dari x.
(Jawaban :
B)
10. Tiga laki-laki, X, Y, dan Z
mengumpulkan uang berturut-turut Rp. 140.000,-, Rp. 180.000,-, dan Rp.
220.000,- untuk modal usaha mereka. Pembagian keuntungan sebanding dengan
jumlah modal yang disetorkan. Jika usahanya mendapat untung sebanyak Rp.
150.000,-. Berapa jumlah keuntungan yang diterima Z ?
a. Rp. 80.000
b. Rp. 50.000
c. Rp. 70.000
d. Rp. 62.000
a. Rp. 80.000
b. Rp. 50.000
c. Rp. 70.000
d. Rp. 62.000
Penyelesaian :
Total modal X, Y, dan Z adalah
Rp.
140.000 + Rp. 180.000 + Rp. 220.000 = Rp. 540.000
Yang didapat Z adalah sesuai dengan
modalnya, yaitu
Z =
(220.000 / 540.000) . 150.000 = Rp 61.111 (dibulatkan menjadi Rp 62.000)
(Jawaban :
D)
Selanjutnya akan saya tulis nanti-nanti ya, sibuk :)
1. Jika A dapat dibagi oleh 30 dan
35, maka A juga dapat dibagi oleh :
a. 8
b. 11
c. 21
d. 65
Penyelesaian :
A dapat dibagi oleh 30 dan 35, berarti A dapat dibagi oleh faktor pengali kedua bilangan, yaitu 2, 3, 5, 6, 10, 15, 7. A juga dapat dibagi oleh perkalian antar bilangan-bilangan tersebut. Perkalian yang sesuai dengan pilihan jawaban adalah 7 . 3 = 21.
a. 8
b. 11
c. 21
d. 65
Penyelesaian :
A dapat dibagi oleh 30 dan 35, berarti A dapat dibagi oleh faktor pengali kedua bilangan, yaitu 2, 3, 5, 6, 10, 15, 7. A juga dapat dibagi oleh perkalian antar bilangan-bilangan tersebut. Perkalian yang sesuai dengan pilihan jawaban adalah 7 . 3 = 21.
(Jawaban :
C)
2. Harga 18 baju Rp 540.000,00.
Harga 2,5 lusin baju tersebut adalah ....
a. Rp 1.000.000,00
b. Rp 900.000,00
c. Rp 800.000,00
d. Rp 750.000,00
a. Rp 1.000.000,00
b. Rp 900.000,00
c. Rp 800.000,00
d. Rp 750.000,00
Penyelesaian :
18 baju = 1,5 lusin baju.
Maka, harga per lusin = Rp 540.000 /
1,5 lusin = Rp 360.000
Jadi, harga 2,5 lusin baju tersebut
adalah :
2,5 . Rp
360.000 = Rp 900.000
(Jawaban :
B)
3. PT. Gilland Ganesha merencanakan
membuat lemari dan meja. Jumlah kedua barang itu 24 buah. Jumlah meja 3 kali
dari jumlah lemari. Berapakah jumlah meja yang akan di buat?
a. 16 meja
b. 21 meja
c. 18 meja
d. 20 meja
a. 16 meja
b. 21 meja
c. 18 meja
d. 20 meja
Penyelesaian :
Misal, jumlah meja = m, dan jumlah
lemari adalah L, maka
m = 3L
dan,
m + L = 24
3L + L =
24
L = 24/4 =
6
m = 3 . 6
= 18 meja.
(Jawaban :
C)
4. Jika x rupiah dibagi sama rata
pada n orang dan setiap orang memperoleh bagian yang sama besar Rp. 63.000,-.
Kemudian datang seseorang ikut bergabung pada kelompok di atas dan jika x
rupiah dibagikan merata, maka setiap orang kini mendapat bagian sebesar Rp.
52.500, Berapa rupiahkah x ?
a. 300.000
b. 315.000
c. 350.000
d. 400.000
a. 300.000
b. 315.000
c. 350.000
d. 400.000
Penyelesaian :
Rata-rata (uang yang didapat per
orang) = Jumlah seluruh uang / jumlah orang
63000 = x
/ n
x =
63000n (persamaan 1)
Seseorang yang bergabung akan
merubah n menjadi n+1
x = 52500
. (n+1)
Masukkan persamaan 1,
63000n =
(52500n) + 52500
10500n =
52500
n = 52500 / 10500 = 5
n = 52500 / 10500 = 5
Jadi, x adalah (dari persamaan 1)
x = 63000n
= 63000 . 5 = Rp 315.000
(Jawaban :
B)
5. Paidi dapat membaca 1.548 kata
dalam waktu 18 menit. Berapa kata yang dapat diselesaikan oleh Paidi dalam
waktu 6 menit ?
a. 612 kata
b. 532 kata
c. 526 kata
d. 516 kata
a. 612 kata
b. 532 kata
c. 526 kata
d. 516 kata
Penyelesaian :
Misal : x = banyak kata yang dapat
diselesaikan oleh Paidi dalam waktu 6 menit.
x = (6/18)
. 1548
x =
516 kata
(Jawaban :
D)
6. Harga 8 buah buku tulis dan 6
buah pensil Rp 14.400,00. Harga 6 buah buku tulis dan 5 buah pensil Rp 11.200.
Jumlah harga 5 buah buku tulis dan 8 buah pensil adalah
a. Rp 13.600
b. Rp 12.400
c. Rp 12.400
d. Rp 11.600
a. Rp 13.600
b. Rp 12.400
c. Rp 12.400
d. Rp 11.600
Penyelesaian :
Misal : harga per buah buku tulis =
b; harga per buah pensil = p, maka
8b + 6p =
14400 (persamaan 1)
6b + 5p =
11200 (persamaan 2)
lakukan proses eliminasi, persamaaan
(1) dikali 3 dan persamaan (2) dikali 4,
24b + 18p
= 43200
24b + 20p
= 44800
---------------------
-
-2p = -1600
p = 800
dan nilai b (dari persamaan 1) adalah,
8b + 6 .
800 = 14400
8b = 14400
- 4800 = 9600
b = 9600 /
8
b = 1200
Maka, jumlah harga 5 buku tukis dan
8 buah pensil adalah
5b + 8p =
5(1200) + 8(800) = 6000 + 6400 = 12400
(Jawaban : C)
7. Jika p - 3 = q + 3, maka q - p =
?
a. 6
b. 1
c. -6
d. -1
a. 6
b. 1
c. -6
d. -1
Penyelesaian :
Pindahkan p ke ruas kanan dan 3 ke
ruas kiri
p - 3 = q
+ 3
-3 - 3 = q
- p
-6 = q - p
(Jawaban :
C)
8. Sekelompok anak yang sedang
bermain mobil-mobilan berjumlah 18 anak. Saat itu 11 orang membawa mobil balap,
8 orang membawa mobil sedan, dan 5 orang tidak membawa mainan sama sekali.
Jumlah anak yang membawa kedua jenis mobil tersebut adalah
a. 1 anak
b. 6 anak
c. 12 anak
d. 14 anak
a. 1 anak
b. 6 anak
c. 12 anak
d. 14 anak
Penyelesaian :
Misal : banyak anak yang membawa
kedua jenis mobil tersebut = x
Jumlah
seluruh anak = (11 - x) + (8 - x) + x + 5
18 = 24 -
x
x = 24 -
18 = 6 anak
(Jawaban :
B)
9. Sarah menerima uang Rp 50.000
minggu lalu. Sepersepuluhnya langsung digunakan untuk membeli sabun cuci.
Sepertiganya sisanya digunakan untuk membayar jasa pencucian. Dua perenam
sisanya digunakan untuk biaya antar jemput. Seperempat sisanya digunakan untuk
membeli kopi dan gula. Sisa uang Sarah sekarang adalah ...
a. Rp 15.000
b. Rp 7.500
c. Rp 10.500
d. Rp 12.000
a. Rp 15.000
b. Rp 7.500
c. Rp 10.500
d. Rp 12.000
Penyelesaian :
Uang Sarah = 50000
- membeli sabun cuci = (1/10) .
50000 = 5000
sisa uang sarah
= 50000 - 5000 = 45000
- membayar jasa pencucian = (1/3) .
45000 = 15000
sisa uang
sarah = 45000 - 15000 = 30000
- biaya antar jemput = (2/6) . 30000
= 10000
sisa
uang sarah = 30000 - 10000 = 20000
- membeli kopi dan gula = (1/4) .
20000 = 5000
sisa
uang sarah = 20000 - 5000 = 15000
(Jawaban :
A)
10. Jika r/3 sebuah bilangan genap,
dan r/6 sebuah bilangan ganjil, maka manakah yang dapat merupakan nilai r ?
a. 60
b. 18
c. 12
d. 24
a. 60
b. 18
c. 12
d. 24
Penyelesaian :
Coba pilihan jawaban satu persatu.
a. 60/3 = 20 (genap) dan 60/6 = 10
(genap)
b. 18/3 = 6 (genap) dan 18/6 =
3(ganjil)
(Jawaban : B)
Selanjutnya akan saya tulis
nanti-nanti ya, sibuk :)
Phsicology Test/Tes Psikologi atau psikotes/psikotest sebagai bagian dalam
tahapan penerimaan calon pegawai. Keunikan dari tes ini adalah pada
“ketidakpastiannya”. Mengapa? Karena faktor ini dapat memutarbalikan
perhitungan logis potensi seseorang. Sebagai contoh, seseorang lulusan
perguruan tinggi terbaik di negeri ini dengan IPK : 3 koma dan berpengalaman
sebagai asisten dosen, tidak dapat lolos dari lobang jarum ujian psikotes
sehingga akhirnya harus berwirausaha karena belum pernah mampu melewati
psikotes untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan. Memang ini ironi, namun
ini fakta. Psikotes memang merupakan fenomena tersendiri bagi para pelamar
kerja. Penulis juga pernah menghadapi hal serupa, untuk kemudian harus bangkit
melalui proses “learning by doing”. Penulis bukan seorang psikiater
maupun phsicology tester, namun beberapa tips yang akan di-share
berikut ini, berdasarkan pengalaman penulis ketika menghadapi psikotes,
diharapkan mampu membantu mengurangi kegagalan psikotes Anda:
1. Tes Logika Aritmatika. Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini
adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu
(dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain
berdasarkan pola tersebut. Tipsnya: 1) jangan terpaku pada deret hitung atau
deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3 -4 angka
terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan
karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan
loncat. 2) Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya
pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya
karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal
sebelumnya. 3) Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes
UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur. Contoh:
- 16 8 4 2 1
1/2 … …
- 45 15 18 6
9 3 … …
2. Tes Logika Penalaran. Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi.
Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami
pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan
prediksi berdasarkan pola anda tersebut: Tipsnya: konsetrasi, hati-hati dan
teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak
sama.Contoh:
3. Analog Verbal Test. Tes ini terdiri atas 40 soal yang berisi
sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan
logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami
sebab-akibat suatu permasalahan. Tipsnya: Apabila anda bermasalah dengan
konsentrasi dan logika, anda bisa mem-bypass-nya dengan menghafal soal
dan jawaban. Karena beberapa kali penulis menghadapi tes in, soal yang
diberikan relatif sama. Contoh:
- wanita :
kebaya = pria :
- a. sepatu b. baju c. topi d. jas
- a. sepatu b. baju c. topi d. jas
- kubus :
pyramid = empat persegi :
- a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga
- a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga
4. Kraeplien/Pauli. Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun
secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Calon pegawai diminta
untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap
kolom dan menuliskan disampingnya. Yang diukur dalam tes ini adalah
konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian
diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Tipsnya
: 1) Jangan sekalipun menggunakan pensil mekanis dalam tes ini melainkan pensil
biasa atau pulpen saja, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil
mekanis membutuhkan di-reload ketika ujung granitnya habis, mekanisme
ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Apabila anda melakukan reload dalam
10 lajur berarti anda telah kehilangan waktu 5-10 detik. 2) Usahakan jumlah
angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baik
jika dibandingkan anda memaksakan diri di awal tes namun tergopoh-gopoh di
pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri anda untuk menghemat tenaga. 3)
Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil
penjumlahan. Hal ini akan merugikan anda sendiri karena justru untuk cheating
anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan dan itu berarti
justru membuang waktu dan memubuat grafik penjumlahan anda tidak alami. 4) Hal
yang paling penting dari keseluruhan tes kraeplein adalah konsentrasi.
Terkadang anda akan merasa blank padapertengahan tes, namun anda harus
bisa bangkit & fokus lagi pada tes. Untuk itu kondisi fisik sangat
berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapan dahulu sebelum berangkat tes
karena model tes ini sangat menyedot energi anda.
5. Wartegg Test. Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan
tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling
memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis
melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang
telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak
disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi,
imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Contoh:
Tipsnya adalah: 1) Urutan menggambar
sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4
kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan
1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif
sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda
akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung
suka akan ‘breaking the low‘. 2) Kalau anda bergender lelaki jangan mulai
dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh
terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan
yang pernah digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini:
6. Draw A Man Test (DAM). Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk
kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut.
Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri,
kestabilan dan ketahanan kerja. Tipsnya: 1) Gambarlah orang tersebut secara
utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti
mata, hidung, mulut dan telinga. 2) Gambarlah orang tersebut dalam keadaan
sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif
muda sedang menenteng koper dsb.
7. Army Alpha Intelegence Test. Tes
ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan
bentuk. Soal satu soal kadang terkait dengan soal sebelumya. Yang diukur dalam
tes ini adalah kemampuan daya tangkap Anda dalam menerima dan melaksanakan
instruksi dengan cepat dan tepat. Tipsnya : konsentrasilah kepada apa yang
dikatakan narator, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan
waktu yang diberikan sangat terbatas. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum
narator selesai memberikan instruksi. Contoh:
Narator akan mediktekan
soal sebagai berikut : “Coretlah angka ganjil dalam kotak dan coretlah angka
genap yang berhuruf dalam lingkaran, kerjakan!” dan pada lembar jawaban akan
diberikan gambar sebagai berikut:
8. Menggambar Pohon. Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan
kriteria : berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak
diperbolehkan kepada anda menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar
ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya. Tipsnya : 1) Pada setiap tes
menggambar pohon yang pernah dilalui, penulis selalu menggambar pohon nangka.
Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium. 2)
Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar
secara detil dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai,
bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon. 3) Untuk hasil yang
lebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis pohonnya,
kemudian latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut.
9. Edwards Personal Preference
Schedule (EPPS). Tes ini terdiri atas pilihan-pilhan
jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tes ini dipergunakan untuk
mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang. Tipsnya: 1)
Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya
yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor
berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan
Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap
lowongan pekerjaan yang anda lamar. 2) Secara keseluruhan, tes EPPS ini memang
paling sulit untuk di-adjustment (diakali), namun setidaknya ada
beberapa pertanyaan yang bisa di-adjustment untuk disesuaikan dengan
lowongan pekerjaan yang anda pilihan. Misalnya ketika anda melamar menjadi
pegawai Bank, pilihlah jawaban-jawaban yang mencerminkan kejujuran,
keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork. 3) Karena
sulitnya proses adjusment tehadap tes ini, jalan paling praktis yang
dapat ditempuh adalah memperbaiki diri (self improvement) anda dalam
segala hal, setup diri anda menjadi seakan-akan seseorang profesional dalam
setiap tingkah laku keseharian anda seperti: jujur, tepat janji, tanggung jawab
dan disiplin. Karena cerminan pola pikir dan tingkah laku positif diri anda,
akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes. Contoh Soalnya:
- A. Saya
suka memuji orang yang saya kagumi
- B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
- B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
- A. Saya
merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
- B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban
- B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban
10. Learning By Doing. Pengalaman memang guru yang paling baik. Lakukan
perbaikan-perbaikan secara continue baik terhadap diri anda maupun
terhadap kemampuan anda, di setiap psikotes yang anda hadapi. Misalnya seperti
: melatih diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes
sebelumnya, membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum
menghadapi psikotes (refreshment) dan mempersiapkan fisik sebaik-baiknya
karena pada dasarnya psikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaan tegang
dan tekanan. Karena dengan mekanisme tersebut, psikotes bukan meruapakan momok
yang harus anda hindari, namun anda akan lambat laun berteman dan akrab dengan
psikotes
Soal Psikotes dan Penyelesaiannya : AnalogiVerbal
1. Mobil - Bensin = Pelari - .... a. Makanan b. Sepatu c. Kaos d.
LintasanJawab : a. makananPenjelasan : Mobil membutuhkan energi untuk bergerak,
yaitu bensin. Pelari membutuhkanmakanan sebagai sumber energi untuk berlari.
2. Dingin - Selimut = Hujan - .... a. Air b. Payung c. Dingin d.
BasahJawab : b. PayungPenjelasan : Kalau suasana dingin, kita membutuhkan
selimut untuk menghangatkan tubuh. Kalaucuaca hujan, kita membutuhkan payung
untuk melindungi tubuh kita dari air hujan.
3. Semir - Sepatu = Sikat - .... a. Kuku b. Rambut c. Televisi d.
GigiJawab : d. GigiPenjelasan : Semir digunakan untuk membersihkan sepatu.
Sikat digunakan untuk membersihkangigi.
4. Kepala - Pusing = Perut - .... a. Batuk b. Pilek c. Mules d.
Gemuk Jawab : c. MulesPenjelasan : Sakit pada kepala dinamakan pusing.
Sakit pada perut dinamakan mules.
5.Bugil - Pakaian = Gundul - .... a. Botak b. Kepala c. Cukur d. RambutJawab
: d. RambutPenjelasan : Disebut bugil karena tidak memakai pakaian. Disebut
gundul karena tidak ada rambut.
6. Kayu - Pohon = Emas - .... a. Tambang b. Perhiasan c. Mahal d.
LogamJawab : a. TambangPenjelasan : Kayu didapat dari pohon. Emas didapat dari
tambang.
7. Saya - Kami = Dia - .... a. Kamu b. Mereka c. Anda d. KitaJawab : b.
MerekaPenjelasan : Bentuk jamak dari saya adalah kami. Bentuk jamak dari dia
adalah mereka.
8. Kumis - Kucing = Belalai - .... a. Ular b. Harimau c. Gajah d. HidungJawab
: c. GajahPenjelasan : Kumis ada di kucing. Belalai ada di gajah.
9. Busur - Panah = Senapan - .... a. Peluru b. Senjata c. Berbahaya d.
TembakanJawab : a. PeluruPenjelasan : Busur mempunyai panah. Senapan memiliki
peluru.
10. Ayah - Anak = Pohon - .... a. Daun b. Tunas c. Ranting d. AkarJawab :
b. TunasPenjelasan : Ayah beregenerasi pada anak. Pohon beregenerasi pada
tunas.
11. Es - Dingin = Gula - .... a. Bubuk b. Kristal c. Tebu d. ManisJawab :
d. ManisPenjelasan : Es mempunyai sifat dingin. Gula mempunyai sifat manis.
12. Pintar - Belajar = Bodoh - .... a. Cerdas b. Rajin c. Dosen d.
MalasJawab : d. MalasPenjelasan : Pintar karena belajar. Bodoh karena malas.
21. Baju - Kancing = Pintu - .... a. Kayu b. Besi c. Kayu d.
KunciJawab : d. KunciPenjelasan : Baju memiliki kancing untuk menutupnya rapat.
Pintu memiliki kunci untuk menguncinya.
14. Terbang - Burung = Jalan - .... a. Jauh b. Singa c. Lebah d.
Kupu-kupuJawab : b. SingaPenjelasan : Burung dapat terbang, singa dapat
berjalan
15. Mobil - Roda = Rumah - .... a. Pondasi b. Tanah c. Jendela d.
AtapJawab : a. PondasiPenjelasan : Mobil dapat berjalan karena ada roda. Rumah
dapat berdiri karena ada pondasi
16. Bulan - Bumi = Yupiter - ... a. Venus b. Orbit c. Matahari d.
BulanJawab : c. MatahariPenjelasan : Bulan mengelilingi bumi. Yupiter
mengelilingi matahari
17. Februari - April = Mei - .... a. Juli b. Agustus c. September d.
OktoberJawab : a. JuliPenjelasan : Februari ke April = 2 bulan. Mei ke Juli = 2
bulan
18. Ekspor - Pergi = Impor - .... a. Luar b. Dagang c. Masuk d.
AsingJawab : c. Masuk Penjelasan : Ekspor adalah ke luar/pergi. Impor
adalah ke dalam (masuk)
19. Mobil - Bensin = Perahu - .... a. Laut b. Angin c. Ombak d. KayuJawab
: b. AnginPenjelasan : Mobil membutuhkan energi untuk bergerak, yaitu bensin.
Perahu membutuhkan energiuntuk bergerak, yaitu angin.
20. Mikroskop - Mikroba = Teleskop - .... a. Bakteri b. Bioskop c.
Teropong d. BintangJawab : d. BintangPenjelasan : Mikroskop adalah alat untuk
melihat mikroba. Teleskop adalah alat untuk melihatbintang.
Salah satu contoh soal dan penyelesaian
No comments:
Post a Comment